(30) NURUL 'A'YUN

43 Karya Tulis/Lagu Nur Amin Bin Abdurrahman:
(1) Kitab Tawassulan Washolatan, (2) Kitab Fawaidurratib Alhaddad, (3) Kitab Wasilatul Fudlola', (4) Kitab Nurul Widad, (5) Kitab Ru'yah Ilal Habib Luthfi bin Yahya, (6) Kitab Manaqib Assayyid Thoyyib Thohir, (7) Kitab Manaqib Assyaikh KH.Syamsuri Menagon, (8) Kitab Sholawat Qur'aniyyah “Annurul Amin”, (9) Kitab al Adillatul Athhar wal Ahyar, (10) Kitab Allu'lu'ul Maknun, (11) Kitab Assirojul Amani, (12) Kitab Nurun Washul, (13) Kitab al Anwarullathifah, (14) Kitab Syajarotul Ashlin Nuroniyyah, (15) Kitab Atthoyyibun Nuroni, (16) Kitab al 'Umdatul Usaro majmu' kitab nikah wal warotsah, (17) Kitab Afdlolul Kholiqotil Insaniyyahala silsilatis sadatil alawiyyah, (18) Kitab al Anwarussathi'ahala silsilatin nasabiyyah, (19) Kitab Nurul Alam ala aqidatil awam (20) Kitab Nurul Muqtafafi washiyyatil musthofa.(21) KITAB QA'IDUL GHURRIL MUCHAJJALIN FI TASHAWWUFIS SHOLIHIN,(22) SHOLAWAT TARBIYAH,(23) TARJAMAH SHOLAWAT ASNAWIYYAH,(24) SYA'IR USTADZ J.ABDURRAHMAN,(25) KITAB NURUSSYAWA'IR(26) KITAB AL IDHOFIYYAH FI TAKALLUMIL ARABIYYAH(27) PENGOBATAN ALTERNATIF(28) KITAB TASHDIRUL MUROD ILAL MURID FI JAUHARUTITTAUHID (29) KITAB NURUL ALIM FI ADABIL ALIM WAL MUTAALLIM (30) NURUL 'A'YUN ALA QURRATIL UYUN (31) NURUL MUQODDAS FI RATIBIL ATTAS (32) INTISARI & HIKMAH RATIB ATTAS (33) NURUL MUMAJJAD fimanaqibi Al Habib Ahmad Al Kaff. (34) MAMLAKAH 1-25 (35) TOMBO TEKO LORO LUNGO. (36) GARAP SARI (37) ALAM GHAIB ( 38 ) PENAGON Menjaga Tradisi Nusantara Menulusuri Ragam Arsitektur Peninggalan Leluhur, Dukuh, Makam AS SAYYID THOYYIB THOHIR Cikal Bakal Dukuh Penagon Nalumsari Penagon (39 ) AS SYIHABUL ALY FI Manaqib Mbah KH. Ma'ruf Asnawi Al Qudusy (40) MACAM-MACAM LAGU SHOLAWAT ASNAWIYYAH (bahar Kamil Majzu' ) ( 41 ) MACAM-MACAM LAGU BAHAR BASITH ( 42 ) KHUTBAH JUM'AT 1998-2016 ( 43 ) Al Jawahirun Naqiyyah Fi Tarjamatil Faroidus Saniyyah Wadduroril Bahiyyah Lis Syaikh M. Sya'roni Ahmadi Al Qudusy.

Kamis, 09 Agustus 2012

MANIS dan lembut, itulah mengapa buah pepaya dijuluki buah dari malaikat oleh penemu benua Amerika, Christopher Columbus. Buah yang tumbuh sepanjang tahun dengan daging buah berwarna jingga ini terkenal banyak dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.
Selain lezat, pepaya juga kaya akan enzim, vitamin, maupun mineral. Nutrisi di dalam buah bernama latin Carica Papaya ini antara lain antioksidan seperti beta karoten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat dan pantotenat. Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini membuat pepaya amat bermanfaat bagi kesehatan.
Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada pepaya, misalnya, berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan juga bermanfaat mencegah oksidasi kolesterol yang sering menempel pada dinding arteri, sehingga menyebabkan hipertensi.
Sementara nutrisi dalam pepaya juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung (kardiovaskular) hingga mencegah kanker. Buah ini juga rendah gula, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Selain itu, kandungan enzim papain pada buah pepaya juga berkhasiat mempercepat proses pencernaan protein. Enzim ini mampu memecah protein menjadi arginin, dan menguraikan makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino, sehingga memudahkan penyerapannya oleh tubuh.
Selain tersebut di atas, masih banyak lagi manfaat lain dari buah tropis ini, antara lain:
a. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
b. Membantu sistem pencernaan dan mendukung produksi enzim pencernaan,
c. Merevitalisasi tubuh dan membantu mempertahankan energi dan vitalitas,
d. Mendorong pembaharuan jaringan otot,
e. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit dan meredakan peradangan,
f.  Mencegah pembentukan penyakit katarak pada mata, dan
g. Menurunkan resiko emfisema pada perokok aktif dan perokok pasif.
Manfaat pepaya tidak hanya bisa kita dapatkan melalui buahnya saja, namun hampir dari seluruh bagian tanaman ini. Biji pepaya, misalnya, dianggap lebih menyehatkan dibanding buah pepaya sendiri. Konsentrasi bio nutrisi biji pepaya bahkan lebih tinggi dibanding buahnya.
Sementara dari daunnya, kita dapat mengambil sejumlah manfaatnya bagi kesehatan, antara lain:
1. sebagai obat jerawat
Masker dari daun pepaya dapat digunakan untuk menagtasi keluhan seperi jerawat pada wajah, hingga untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Caranya, sediakan 2-3 lembar daun pepaya tua, lalu jemur dan lumatkan dengan setengah sendok air hingga halus. Masker kemudian dapat ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat.
2. menambah nafsu makan
Di balik rasanya yang pahit, daun pepaya memiliki manfaat untuk memperbaiki nafsu makan pada anak. Caranya, blender daun pepaya yang masih segar seukuran telapak tangan, dengan air hangat dan sedikit garam. Kemudian campuran tadi diperas dan disaring airnya untuk diminumkan. Niscaya nafsu makan anak Anda akan segera normal.
3. memperlancar pencernaan
Daun pepaya juga baik untuk usus dan mencegah gangguan pencernaan, yakni karena khasiat antibiotik senyawa karpain dalam pepaya. Caranya,  daun pepaya dapat diolah menjadi masakan sesuai selera dan kemudian dikonsumsi.

Khasiat Surat Yusuf ayat 4 dan Surat An Nisa ayat 84 untuk Pengasihan Pada bagian ketiga dari kategori pengasihan ini, saya akan menjelaskan khasiat dari Surat Yusuf ayat 4: إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ (4) Artinya: (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku." Ayat tersebut diatas mempunyai khasiat untuk menarik perhatian dan mendatangkan kecintaan pada orang yang melihat. Caranya adalah bacalah ayat diatas tiga kali sebelum bertemu orang yang dituju. Insya Allah yang akan ditemui mearuh kecintaan pada saudara. Selanjutnya saya akan menerangkan khasiat dari Surat An Nisa ayat 84. فَقَاتِلْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ لَا تُكَلَّفُ إِلَّا نَفْسَكَ وَحَرِّضِ الْمُؤْمِنِينَ عَسَى اللَّهُ أَنْ يَكُفَّ بَأْسَ الَّذِينَ كَفَرُوا وَاللَّهُ أَشَدُّ بَأْسًا وَأَشَدُّ تَنْكِيلًا (84) Artinya: Maka berperanglah kamu pada jalan Allah, tidaklah kamu dibebani melainkan dengan kewajiban kamu sendiri. Kobarkanlah semangat para mukmin (untuk berperang). Mudah-mudahan Allah menolak serangan orang-orang yang kafir itu. Allah amat besar kekuatan dan amat keras siksaan(Nya). Sesuai dengan nama suratnya yaitu An Nisa artinya wanita maka khasiat ayat ini adalah untuk menarik perhatian para wanita khususnya calon istri agar tetap setia. Caranya adalah bacalah ayat diatas sebanyak 41 kali dalam keadaan berwudhu lalu ditiupkan pada makanan tersebut dihidangkan pada wanita yang dituju. Insya Allah pada jiwa wanita tersebut timbulrasa cinta dan kasih sayang.

Khasiat Surat Yusuf ayat 4 dan Surat An Nisa ayat 84 untuk Pengasihan

Pada bagian ketiga dari kategori pengasihan ini, saya akan menjelaskan khasiat dari Surat Yusuf ayat 4:

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ (4)
Artinya:

(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku."

Ayat tersebut diatas mempunyai khasiat untuk menarik perhatian dan mendatangkan kecintaan pada orang yang melihat. Caranya adalah bacalah ayat diatas tiga kali sebelum bertemu orang yang dituju. Insya Allah yang akan ditemui mearuh kecintaan pada saudara.

Selanjutnya saya akan menerangkan khasiat dari Surat An Nisa ayat 84.

فَقَاتِلْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ لَا تُكَلَّفُ إِلَّا نَفْسَكَ وَحَرِّضِ الْمُؤْمِنِينَ عَسَى اللَّهُ أَنْ يَكُفَّ بَأْسَ الَّذِينَ كَفَرُوا وَاللَّهُ أَشَدُّ بَأْسًا وَأَشَدُّ تَنْكِيلًا (84)

Artinya:

Maka berperanglah kamu pada jalan Allah, tidaklah kamu dibebani melainkan dengan kewajiban kamu sendiri. Kobarkanlah semangat para mukmin (untuk berperang). Mudah-mudahan Allah menolak serangan orang-orang yang kafir itu. Allah amat besar kekuatan dan amat keras siksaan(Nya).

Sesuai dengan nama suratnya yaitu An Nisa artinya wanita maka khasiat ayat ini adalah untuk menarik perhatian para wanita khususnya calon istri agar tetap setia. Caranya adalah bacalah ayat diatas sebanyak 41 kali dalam keadaan berwudhu lalu ditiupkan pada makanan tersebut dihidangkan pada wanita yang dituju. Insya Allah pada jiwa wanita tersebut timbulrasa cinta dan kasih sayang.

FADLILAH SURAT YASIN

Barang siapa membaca Surat Yassin dengan khusyuk,Niscaya Allah SWT akan menulis pahala kepadanya seperti pahalanya orang yang membaca Al Qur’an 10x.
Pada masa 1000 tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi para malaikat sering mendengar Allah SWT membaca Surat Yassin dan Surat Thoha. Berarti 1000 tahun sebelum kejadian penciptaan langit dan bumi Allah SWT telah menciptakan kedua surat tersebut dan sering dibaca olehNya.
Para malaikat berkata : “bagus benar susunan ayat demi ayat itu, Ya Allah kepada siapa akan diturunkan kedua surat itu..? Allah berfirman “Untuk umat Nabi akhir zaman (yakni umat Nabi Muhamad SAW).
Yassin lamaa quri’at lahu, artinya Yassin itu menurut tujuan hajat pembacanya (surat yassin itu dibaca menurut tujuan (hajat) orang yang membacanya. Jadi kalau ada hajat yang ingin diraih dengan baca surat ini sebanyak-banyaknya insya Allah degan izin Allah SWT akan terkabul) (
Sebagai bukti sudah sering terjadi,contoh sesorang menyatakan pernah membaca surat yassin sebanyak 47x pas malam hari Subhanallah segala hajatnya terkabul dan segala kesusahan hilang.

Fadhilah dan khasiat surat yasin
Pengertian Surah Yasin merupakan surat yang di turunkan di Makkah, surah ini
merupakan surat ke 36 dengan jumlah 83 ayat, dinamai yasin karena di mulai dengan huruf y_a_s_i_n
Isi kandungan surah yasin
- Kandungan Keimanan
- Keimanan akan Allah dengan mensucikannya dengan sifat-sifatnya, Keimanan akan Alqur’an yang merupakan ilmu, kekuasaan dan rahmat Allah, keimanan akan surga dan sifat-sipatnya, keimanan akan hari akhir.
- Kisah-Kisah
Kisah utusan-utusan nabi isa a.s dengan penduduk anthakiyah.
- salah satu ayatnya menjelaskan adanya bukti ilmu pengetahuan Astronomi: semua bintang di cakrawala berjalan pada garis edarnya .
Fadhilah Surah Yasin
- dibacakan pada orang sakaratul maut maka akan memepermudah keluarnya ruh.
- Membaca Surah Yasin = Membaca Alqur’an 10 kali
- Dapat memberi syafaat bagi pembacanya
- Dimudahkan hajatnya
- Meringankan siksa kubur
- Menolak kejahatan
- Di baca pada malam jum’at mendapatkan ampunan
- Jika belum menikah akan dapat jodoh.
- Jika ketakutan,Allah akan menghilangkan rasa takutnya itu.
- Jika dipenjara,niscaya akan bebas.
- Orang tersesat akan mendapat jalan lagi.
- Orang haus akan hilang hausnya.
- Orang sakit akan hilang sakitnya.
- Ada lagi Namanya Surat Yassin Fadhilah, Membaca 1 kali Yassin Fadhilah setara dengan membaca Surat Yasin biasa 7 kali. Anda bisa Mendownload Surat Yassin fadhilah dalam Postingan ini.

Beberapa manfaat surah Yaasiin(Yasin), antara lain:1. Menurut sabda Nabi Muhammad saw, siapa membaca surah Yaasiin(Yasin) satu kali, sama dengan membaca Alqur’an sampai khatam(selesai)sepuluh kali, siapa membiasakan membaca surah Yaasiin setiap malam sampai mati, maka termasuk mati syahid.2. Jika dibaca pada waktu pagi, maka memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika dibaca disore hari maka dapat gembira sampai pagi.3. Jika anda ada maksud kepada pembesar supaya berhasil, maka bacalah surah yaasiin dari rumah sebanyak 25 kali, maka insya Allah berhasil.4. Jika dibacakan untuk orang yang akan meninggal dunia, maka tidak akan dicabut nyawanya selagi ia belum didatangi malaikat Ridwan dengan maksud memberi kegembiraan kepada orang yang akan meninggal tersebut.5. Jika dibacakan pada mayat di dalam kubur maka diringankan siksanya, jika ditulis dan dilebur air, lalu diminum, sama dengan meminum seribu obat.6. Khasiatnya lagi adalah dapat dipergunakan sebagai obat sakit panas, caranya dibaca sekali, setiap sampai pada lafadz “MUBIIN” dengan mengikat benang sekali sampai tujuh, kemudian diikatkan pada bahu kanannya orang yang sakit panas, maka insya Allah sehat kembali.


Mendayagunakan Surat Yasin
1.Pemagaran Rumah- Ambil Air Satu Ember Besar penuh.- Celupkan jari telunjuk kanan kedalam ember yang di isi air.- Baca Sholawat Nabi 3 X- Baca surah Yasin 7 X, pada ayat ke 9 baca 11 x- Baca Ayat Qursy 99 X- Baca Ayat Qursy 1 X, lalu pada ayat ter akhir baca 100 X- Berdo'a mohon kepada Allah, agar air bermanfaat untuk memagari rumah sehingga apabila ada ghoib fasik/ kafir akan binasa seketika itu juga.(Saat berdo'a jari telunjuk kanan tetap ada di dalam ember air).Keterangan:- Setelah berdo'a, percikan air ke seluruh area rumah (Pagar, tembok rumah, pintu, genteng dll).- Gunakan juga sedikit untuk membersihkan lantai.- Masukan kedalam tangki Air dll.

                Ayat kursi :                                                              الله لااله الا هو  الحي القيوم لاتأخذه سنة ولانوم له مافى السموات ومافى الارض من ذاالذي يشفع عنده الابإذنه يعلم مابين ايديهم وما خلفهم ولايحيطون بشيئ من علمه الا بما شاء وسع كرسيه السموات والارض ولايؤده حفظهما وهو العلي العظيم
Faedahnya :                                                                                                          1- kalau dibaca ketika keluar rumah maka ditanggung keamanannya oleh Allah sampai kembali.                                                                                                                     2- bila dibaca usai sholat maka tiada yang menghalangi jalan kesurga kecuali mati( tidak akan meninggal kecuali sudah disiapkan surga)                                                                                                                                    3- kalau dibaca dirumah akan mengusir syetan 30 hari dan sihir/santet tidak bisa masuk selama 40 malam                                                                                                          4- kalau dibaca sebelum tidur maka Allah akan memberi keselamatan dirinya, tetangganya, tetangganya tetangga, dan rumah-rumah sekitarnya, sampai pentingnya ayat ini nabi saw menyuruh kepada s.ali ra. Untuk mengajarkan ayat ini kepada anak-anaknya ,keluarganya dan tetangganya.                                                                                                                5- Tuanya kalam adalah alqur’an,tuannya  al qur’an adalah surat al baqarah dan tuannya surat al baqarah adalah ayat kursi.                                                                                6- 24 jam laporan kepada Allah swt dengan pahala 70 juta pahala sampai terompet malaikat ditiup(qiyamat) di mintakan ampun para malaikat dan di do’akan para ‘Arifin (wali-wali Allah)                                                                                                         7- Dibaca x14 usai sholat akan dicitai semua  mahluq yang di langit dan bumi                                                                                                                                     8- Dibaca x313 maka akan mendapatkan kebahagiaan dan menghilangkan kesusahan                                                                                                                                   9- Dibaca sejumlah hurufnya yaitu x170 maka akan di ijabahkan maksud / hajatnya                                                                                                                                   10- perhurufnya bisa mengobati segala penyakit                                                             11- bila Dibaca x50 atau dibawa maka selamat dari ancaman musuh dari pendengki dan akan dicintainya serta hasil maksud tujuannya.(Ket : Tafsir As showi)

AYAT KURSI 2

Khasiat Ayat Kursi


Ayat Kursi.jpg
Mahfum ayat:
Allah, tidak ada yang benar disembah hanya Dia yang Hidup dan Maha Kaya, tidak pernah ditimpa mengantuk dan tidak pernah tidor, bagin Nya sesuatu yang ada di langit dan di bumi, tidak ada yag boleh membri syafaat kecuali denga izin Nya. Ia maha mengetahui segala apa yang terjadi di hadapan mereka dan dibelakang mereka. Tidaklah mereka meliputi ilmunya sedikit jua kecuali yang dikehendakki Nya. Lebih luas kerusinya darilangit dam bumi. Tidak susah bagi Nya memelihara keduanya. Ia maha Tinggi dan maha Besar.

[Allah! There is no god but He, the Living, the Self-subsisting, Eternal. No slumber can seize Him nor sleep. His are all things in the heavens and on earth. Who is there can intercede in His presence except as He permitteth? He knoweth what (appeareth to His creatures as) Before or After or Behind them. Nor shall they compass aught of His knowledge except as He willeth. His Throne doth extend over the heavens and the earth, and He feeleth no fatigue in guarding and preserving them for He is the Most High, the Supreme (in glory).]

Penjelasan:
Ayat Kursi diturunkan pada suatu malam selepas Hijrah. Menurut riwayat, ketika ayat kursi diturunkan disertai dengan beribu-ribu malaikat sebagai penghantarnya, kerana kebesaran dan kemuliaannya.
Syaitan dan Iblis menjadi gempar kerana adanya suatu alamat yang menjadi perintang dalam perjuangan nya.
Rasulallah s.a.w segera memerintah kepada penulis alQuran iaitu Zaid bin Thabit agar segera menulisnya dan menyebarkannya.
Ada terdapat sembilan puluh lima buah hadis yang menjelaskan fazilat ayat kursi. Sebabnya ayat ini disebut ayat KURSI kerana di dalam nya terdapat perkataan KURSI, ertinya tempat duduk yang megah lagi yang mempunyai martabat.
Perlu di ingat, bukan yang di maksudkan dengan KURSI ini tempat duduk tuhan, tetapi adalah KURSI itu syiar atas kebesaran Tuhan.
Khasiat Ayat Kursi:
  1. Sesiapa yang membaca ayat Kursi dengan istikamah setiap kali selesai sembahyang fardhu, setiap pagi dan petang, setiap kali masuk kerumah atau kepasar, setiap kali masuk ke tempat tidur dan musafir, insyaallah akan diamankan dari godaan syaitan dan kejahatan raja-raja (pemerintah) yang kejam, diselamatkan dari kejahatan manusia dan kejahatan binatang yang memudharatkan. Terpelihara dirinya dann keluarganya, anak-anak nya, hartanya, rumahnya dari kecurian, kebakaran dan kekaraman.
  2. Terdapat keterangan dalam kitab Assarul Mufidah, barang siapa yang mengamalkan membaca ayat kursi, setiap kali membaca sebanyak 18 kali, inyaallah ia akan hidup berjiwa tauhid, dibukakan dada dengan berbagai hikmat, dimudahkan rezekinya, dinaikkan martabatnya, diberikan kepadanya pengaruh sehingga orang selalu segan kepadanya, diperlihara dari segala bencana dengan izin Allah s.w.t.
  3. Salah seorang ulama Hindi mendengar dari salah seorang guru besarnya dari Abi Lababah r.a, membaca ayat Kursi sebanyak anggota sujud (7 kali) setiap hari ada benteng pertahanan Rasulallah s.a.w.
  4. Syeikh Abul ‘Abas alBunni menerangkan: “Sesiapa membaca ayat Kursi sebanyak hitungan kata-katanya (50 kali), di tiupkan pada air hujan kemudian diminumnya, maka inysyaallah tuhan mencerdaskan akalnya dan memudahkan faham pada pelajaran yang dipelajari.
  5. Sesiapa yang membaca ayat Kursi selepas sembahyang fardhu, Tuhan akan mengampunkan dosanya. Sesiapa yang membacanya ketika hendak tidur, terpelihara dari gangguan syaitan, dan sesiapa yang membacanya ketika ia marah, maka akan hilang rasa marahnya.
  6. Syeikh alBuni menerangkan: Sesiapa yang membaca ayat Kursi sebanyak hitungan hurufnya (170 huruf), maka insyaallah, Tuhan akan memberi pertolongan dalam segala hal dan menunaikan segala hajatnya, dam melapangkan fikiranyan, diluluskan rezekinya, dihilangkan kedukaannya dan diberikan apa yang dituntutnya.
  7. Barang siapa membaca ayat Kursi ketika hendak tidur, maka Tuhan mewakilkan dua malaikat yang menjaga selama tidurnya sampai pagi.
  8. Abdurahman bin Auf menerangkan bahawa, ia apabila masuk kerumahnya dibaca ayat Kursi pada empat penjuru rumahnya dan mengharapkan dengan itu menjadi penjaga dan pelindung syaitan.
  9. Syeikh Buni menerangkan: sesiapa yang takut terhadap serangan musuh hendaklah ia membuat garis lingkaran denga nisyarat nafas sambil membaca ayat Kuris. Kemudian ia masuk bersama jamaahnya kedalam garis lingkaran tersebut menghadap kearah musuh, sambil membaca ayat Kursi sebayak 50 kali, atau sebanayk 170 kali, insyaallah musuh tidak akan melihatnya dan tidak akan memudharatkannya.
  10. Syeikul Kabir Muhyiddin Ibnul Arabi menerangkan bahawa; sesiapa yang membaca ayat Kursi sebayak 1000 kali dalam sehari semalam selama 40 hari, maka demi Allah, demi Rasul, demi alQuran yang mulia, Tuhan akan membukakan baginya pandangan rohani, dihasilkan yang dimaksud dan diberi pengaruh kepada manusia. (dari kitab Khawasul Qur’an)

AYAT KURSI


                Ayat kursi :                                                              الله لااله الا هو  الحي القيوم لاتأخذه سنة ولانوم له مافى السموات ومافى الارض من ذاالذي يشفع عنده الابإذنه يعلم مابين ايديهم وما خلفهم ولايحيطون بشيئ من علمه الا بما شاء وسع كرسيه السموات والارض ولايؤده حفظهما وهو العلي العظيم
Faedahnya :                                                                                                          1- kalau dibaca ketika keluar rumah maka ditanggung keamanannya oleh Allah sampai kembali.                                                                                                                    2- bila dibaca usai sholat maka tiada yang menghalangi jalan kesurga kecuali mati( tidak akan meninggal kecuali sudah disiapkan surga)                                                                                                                                   3- kalau dibaca dirumah akan mengusir syetan 30 hari dan sihir/santet tidak bisa masuk selama 40 malam                                                                                                       4- kalau dibaca sebelum tidur maka Allah akan memberi keselamatan dirinya, tetangganya, tetangganya tetangga, dan rumah-rumah sekitarnya, sampai pentingnya ayat ini nabi saw menyuruh kepada s.ali ra. Untuk mengajarkan ayat ini kepada anak-anaknya ,keluarganya dan tetangganya.                                                                                    5- Tuanya kalam adalah alqur’an,tuannya  al qur’an adalah surat al baqarah dan tuannya surat al baqarah adalah ayat kursi.                                                                                 6- 24 jam laporan kepada Allah swt dengan pahala 70 juta pahala sampai terompet malaikat ditiup(qiyamat) di mintakan ampun para malaikat dan di do’akan para ‘Arifin (wali-wali Allah)                                                                                                        7- Dibaca x14 usai sholat akan dicitai semua  mahluq yang di langit dan bumi                                                                                                                                 8- Dibaca x313 maka akan mendapatkan kebahagiaan dan menghilangkan kesusahan                                                                                                                                  9- Dibaca sejumlah hurufnya yaitu x170 maka akan di ijabahkan maksud / hajatnya                                                                                                                               10- perhurufnya bisa mengobati segala penyakit                                                         11- bila Dibaca x50 atau dibawa maka selamat dari ancaman musuh dari pendengki dan akan dicintainya serta hasil maksud tujuannya.(Ket : Tafsir As showi)

ZAKAT 2


Soal :  Masalah Zakat pertanian Dengan Modal Hutang Siapa yang wajib zakat ?                                                                                                                     Jawab : Petani tersebut yang wajib mengeluarkan zakat , karena zakat ‘ain seperti padi harus dikeluarkan sejumlah 5%(dengan biaya irigasi) atau 10%(tanpa biaya irigasi) dari total hasil panen sebelum dipotong apapun, termasuk untuk membayar hutang biaya pertanian. Dengan kata lain zakat pertanian tidak diperbolehkan mempergunakan kalkulasi tijarah (dagang).                                                                                                                   Ket : ianatut thalibin juz 2 hal 161 (bab zakat.)
Soal : masalah cara menghitung haul pada zakat tijarah yang awal usahanya modal kurang satu nishab dan akhir tahunnya mencapai satu nishab,dan apabila pertengahan tahun bangkrut apakah masih wajib zakat, dan awal tahun dihitung kapan ?                          
Jawab : Haul di hitung sejak awal uasahanya meskipun pada saat itu modalnya kurang dari satu nishab yang penting jika pada akhir tahun kekayaan usahanya (modal berjalan berikut keuntungannya) mencapai satu nishab maka wajib mengeluarka zakat. Apabila tadak mencapai satu nishab maka tidak wajib,meskipun modal awal usahanya lebih dari satu nishab. Haul pada zakat tijarah tetap dihitung sejak awal usahanya, tidak sejak kekeyaan usahanya mencapai satu nishab.                                                                                                                       Ket : ianatut thalibin juz 2 hal 153( bab zakat.)
Soal : Masalah penghasilan dari pekerjaan Temporer seperti tukang dekorasi, persewaan sound system atau sejenisnya yang pada bulan Ramadlan nganggur apakah berhak menerima zakat ?
Jawab : Berhak menerima zakat atas nama miskin, jika saat itu benar-benar tidak memiliki kekayaan untuk menghidupi diri beserta keluarga, seseorang dapat berstatus sebagai muzakki atau mustahiq bukan sekedar dilihat pada saat ramai atau sepinya order ,tapi pada saat akhir tahun usahanya karena satuannya adalah tahun bukan bulan. Jika pada akhir tahun usahanya masih memiliki kekayaan usahamencapai satu nishab maka wajib mengeluarkan zakat.                                                                                                                    Ket : ianatutt thalibin juz 2 hal 187-188.(Fashl fi adaizzakat.)  
Soal : Masalah status zakat pada sebagian harta keuntungan yang disisihkan misalkan dagang sebulan untung 7 juta  dan dia menyisihkan sebagian untuk jaga-jaga bisnisnya, apakah sisihannya wajib dizakati ?                                                                    
Jawab : Jika sebagian keuntungan tersebut bener-bener dipisahkan dari usahanya maka perihal zakatpun dihitung secara terpisah sebagai zakat nuqud(emas perak) salam pengertian sebagian keuntungan tersebut bila mencapai satu nishab dan dalam rentang waktu satu tahun dalam keadaan tidak pernah berkurang dari satu nishab , maka wajib dikeluarkan zakatnya sebanyak 2,5% dari jumlah totalnya pada akhir tahun. Ket : ianatut thalibin juz 2 hal 152( bab zakat.)
Soal : Masalah penganggur yang memiliki banyak harta, apakah termasuk miskin karena tidak punya penghasilan ?                         
Jawab : Orang tersebut tidak termasuk katagori miskin apalagi fakir, sekalipun tidak punya penghasilan tapi punya kekeyaan(warisan banyak) sehingga ia termasuk MUZAKKI yang wajib zakat.                                                                                                                             Ket : ianatutt thalibin juz 2 hal 187-189 (fashl fi adaizzakat.)
Soal : Masalah keutamaan pembagian zakat fitrah secara langsung
Jawab : lebib utama(afdlol) diberikan langsung kepada fakir miskin, terlebih lagi kenyataan sekarang banyak panitia yang dibentuk asal-asalan tanpa bekal pengetahuan yang cukup tentang zakat.                                                                                                    Ket : syarh almuhadzdzab juz 6 hal 165 (qismusshadaqat.)
Soal : Sah kah umpama 10 kg beras diniati zakat fitrah untuk 5 orang dengan sekali niat (di jama’) atau dengan tiap-tiap 2 kg beras diniatkan untuk satu orang tertentu ?                                      
Jawab : Niat zakat fitrah boleh dilakukan sekaligus untuk beberapa orang, dalam arti tetap diniati oleh atau untuk masing-masing orang tanpa harus memilah-milah menjadi satuan 2 kg beras terlebih dulu, asal jumlah keseluruhan mencukupi.                                                                                        Ket : bughyah almustarsyidin hal 102-103 (al fithrah)
Soal : masalah meninggalnya si penerima Ta’jil zakat fithrah pada 17 Ramadlan bagaimana zakat fithrah tersebut sah atau belum ? 
Jawab : Pemberian zakat tersebut tidak sah sebagai zakat fithrah, hanya sebagai sedekah sunnah ,karena pada saat kewajiban zakat fithrah, yakni malam hari raya idul fithri si penerimenya sudah meninggal dunia , dengan demikian si muzakki wajib mengeluarkan zakat fithrah lagi. Ket : ianatut thalibin juz 2 hal 185-186 (fashl fi adaizzakat).
Soal : Masalah penukaran uang dengan selisih nilai nominal misalnya setiap menghadapi hari raya idul fitri banyak orang yang menjajakan jasa penukaran uang dengan menambah nilai tukarnya seperti 1 juta ditukar dengan 1 juta 50 ribu bagaimana hukumnya  ?                                                                                         
jawab : Boleh dan sah karena uang kertas seperi Rupiah didalam masalah mu’amalah (tukar menukar) tidak termasuk barang ribawi, sehingga tidak disyaratkanharus ada kesamaan nilai (ahkamul fuqaha’ 1 hal 57 masalah no 90).                                                                                                                       Ket : Syamsul isyraq hal 93 (al mabhasul atssalits).

Selasa, 07 Agustus 2012

RATIB HADDAD


راتب الحداد
نور امين بن عبدالرحمن عن احمد بن علي غفر الله لهما ويرحمهما وبارك لهما ولوالديهما عموما مسلمين مسلمات الأحياء منهم والأموات 
آمين
مقدمة
الحمد لله الذي انعم علينا بالهداية والصلاة والسلام على سيدنا محمد صاحب الشريعة وعلى اله واصحابه الذين نالوا الدرجات بالإستقامة ولاحول ولاقوة الابالله اما بعد :                                                              قال الله تعالى ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لايحتسب ومن يتوكل على الله فهو حسبه ان الله بالغ امره قد جعل الله لكل شيء قدرا.                                                                      دوماتغ فارا موريدين فارا بفاء فارا سديريك مسلمين مسلمات كافاريغانا غرطوس بيليه راتب حداد منيكا فاريغان سغكيغ الحبيب احمد الكاف بقطب الإرشاد الحبيب عبدالله بن علوى الحداد سغكيغ كيطا غاجاء دوماتغ اخواني كاغكي : وأمر بالمعروف وانه عن المنكر.                                                                     موكي موكي أغكين كيطا عبادة لن طاعة داتغ الله سأتورون كيطا ديفون فاريغي تتف ايمان لن اسلام استقامة اغدالم كساهينان أغكين كيطا اختييار ديفون فاريغي كامفيل لانجار غاصيلاكي رزقي اغكاغ كاطاه حلال بركة كاطي رضانيفون الله تعالى امين اللهم امين  كتراغان : سأديريغي ماهوس راتب الحداد منيكا هدية الفاتحة :                                              * الى حضرة النبي المصطفى محمد صلى الله عليه وسلم الفاتحة....         * والى حضرة نبي خضر نبي الياس ملائكة ميكائيل الفاتحة.....            * والى حضرة سلطان الأولياء الشيخ عبد القادر الجيلاني وابو الحسن علي الشاذلي والشيخ محمد بهاء الدين النقشبندي الفاتحة.....                      * وخصوصا الى حضرة الحبيب عبدالله بن علوي الحداد الفاتحة.....       * والى حضرة جميع الأولياء التسعة خصوصا الشيخ جعفر الصادق سونان قدس سونان موريا سونان كالي جاكا سونان مانتيغان سونان جفارا الفاتحة....                                                                      * والى حضرة صاحب المجيزين خصوصا الحبيب احمد بن علي بن عبدالله الفاتحة....                                                                      * والى حضرة امباه سيد طيب طاهر امباه شمسوري ومن احب اليهما عفر الله لهم الفاتحة.....                                                             * والى حضرة ابينا وامنا وجميع المسلمين والمسلمات الاحياء منهم والاموات خصوصا(........) الفاتحة.........                                 * اللهم حصل مقاصدنا وحوائجنا فى الدين والدنيا والأخرة الفاتحة.. (مولاهي ممباجا راتب الحداد)
Khasiat membaca ratib haddad :                                         1- Luas Rizqinya                                                                  2- kuat  imanya                                                                                            3- husnul khatimah                                                                4-tolak balak                                                                                            5- selamat dari musuh                                                                                            6- menhilangkan kesusahan                                                   7- mempermudah mengembalikan hutang                                                                                            8- memperbaiki  akhlaq                                                                                            9- Dijaga agamanya,badanya,keluarganya dan harta bendanya                                                                                             10- Dibaikkan taqwanya  istiqamah dalam beribadah          11- manfaat barakah ilmunya sampai anak turunnya        12- hasil maksudnya yang baik dunia dan akhirat.insya Allahفإذا عزمت فتوكل على الله ان الله يحب المتوكلين .    والذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا و ان الله لمع المحسنين                                                            . حبيب احمد غنديكا : راتب حداد منيكا ساكد كاغكي نكااكي رزقي كغ تانفا غيرا غيرا سغكغ فوندي تكاني أسال نتفي داووه ومن يتق الله يجعل له مخرجا                                                                                                                                            penagon, Ahad legi 21 muharram 1414 / 11 juli 1993

ZAKAT


ZAKAT
Catatan:                                                                                                                  1- Batas Wilayah zakat adalah balad (kecamatan) Kalau keluar dari balad maka berarti NAQLUZ ZAKAT yang tidak diperbolehkan Keterangan kitab I’anatut thalibin juz 2 hal 198 (fashl fi adaizzakat). Dan kitab syarqawi ala tuhfatuhut thullab juz 1 hal 394.                                                                                                                            2- Naqluzzakat dalam kitab I’anatut thalibin juz 2 hal 1978 yang memperbolehkan adalah pedapat imam Hanafi (wabihi qola abu hanifah wayajuzu indahu naqluzzakat ma’al karohah wadaf’u qimataha waaina malittijarah).                                                                                               3-Apabila tidak ditemukan MUSTAHIQ (malu diatas namakan fakir miskin atau lainnya) maka wajib naqluzzakat.keterangan kitab qulyubi juz 3 hal 203 (kitabu qismisshodaqat) (walau adamul ashnaf filbaladi wajabannaqlu) ila aqrabil bilad ilaihi.                                                                                                 4- Menyerahkan zaakat kepada lembaga/panitia/wakil itu diperbolehkan tapi lebih baik memberikan sendiri kepada yang berhak. Keterangan kitab bajuri juz 1 hal 281.(waadauha lahu…..)                                                                                 5- NAQLUZZAKAT Ada yang memperbolehkan dan ada yang tidak memperbolehkan, menurut qaul masyhur dari madzhab maliki dan syafi’I maka TIDAK BOLEH apabila di daerah/balad tersebut masih ada mustahiq, menurut madzhab hanafi dan para mujtahid termasuk imam bukhari maka  BOLEH. Keterangan kitab I’anatuttaholibain juz 2 hal 187.                                                                                                                                       6- Pengurus minta zakat kepada lembaga dari luar daerah itu BOLEH apabila pengurus termasuk MUSTAHIQ (fakir miskin,gharim atau lainnya) dan lembaga tersebut statusnya sebagai wakil dari MUZAKKI (orang yang zakat).Masalah minta diluar Daerah bukan termasuk NAQLUZZAKAT yang khilafiyyah. Keterangan kitab I’anatut thalibin juz 2 hal 199.                                                                                                                          7- YATIM PIATU Boleh menerima zakat apabila mereka termasuk dari salah satu delapan ashnaf yang berhak menerima zakat seperti fakir atau miskin dan bukan keturunan bani hasyim dan bani muthallib itu menurut pendapat yang shahih. Keterangan kitab kifayatul akhyar juz 1 hal 198.                                                                                                                         8- Anak yatim tidak berhak menerima zakat kecuali ia termasuk fakir miskin yang tidak ada penanggungnya.tapi dalam santunan boleh menerimanya bukan atas nama zakat.keterangan kitab I’anatut thalibin juz 2 hal 186-187.

DRS.KH.NADJIB HASSAN KUDUS


DRS.KH.NADJIB HASSAN KUDUS JAWA TENGAH
Saat kami bercengkrama dengan beliau di acara khataman darusan umum pitulasan Al masjidil Aqsha menara kudus                                                                                   1 september 2010.                                                                                                                                 1- tentang vaksin meningitis hukumnya suci dan boleh digunakan meskipun pernah bersinggungan dengan najis (enzim babi).menurut katib AM syuriah PBNU : MALIK MADANI Namun karena telah melewati proses yang begitu teliti untuk membahas masalah ini  lembaga bahtsul masa’il(LBM) PBNU telah menghadirkan para ulama dan para pakar ahli dari berbagai daerah.                                                                                                                     2- Pada tanggal 2 september 2010 pembahasan enzim ini mulai membuahkan hasil ungkap ketua PBNU : KH. RIDLWAN LUBIS dan menghadirkan para ulama’ daerah (PWNU): DRS.KH. NADJIB HASSAN KUDUS.3- pada tanggal 6 september 2010 bahtsul masa’il PBNU menyatakan vaksin meningitis adalah HALAL.                                                                                    3- mendatangkan pakar yaitu Prof.DR.UMAR KAYAM ANGGARA JENEI Msc (solo 20-8-1950) pendiri TIM(taman Isma’il Marzuki) dan mantan ketua lipi (komisi).juga mendatangkan MUI yang harus bijak menilai halal dan haramnya ENZIM.juga mendatangkan Prof guru besar kimia medicinal organic UGM mengatakan: bahwa enzim itu tidak dimakan oleh bakteri (yang menjadi bibit vaksin).dan enzim porcine bukan murni hanya ekstrak pankreas babi.                                                                                                                                 4- mendatangkan LIPI(lembaga ilmu pengetahuan Indonesia) menerangkan tentang ENZIM ALFA AMILASE(enzim untuk penggemukan babi).enzim merupakan suatu produk tentang sejumlah proses inaktifasi enzim alfa amilase, lipase, lipoksidase dll. Dan BIOTEKNOLOGI LIPI laporan yang diterima GUSDUR itu merupakan hasil penilitian LIPI.                                                                                                                   DRS.  KH. NADJIB HASSAN KUDUS  senin pahing 27 Ramadlan 1431 /  5 september 2010 menuturkan tentang vaksin meningitis dan folio. Beliau sebagai pengurus wilayah NU jawa tengah (PWNU) juga diundang PBNU Jakarta bersama empat pakar farmasi                                                                1.dari farmasi ITS Surabaya                                                                          2.farmasi UGM (Prof.Dr Umar).                                                                  3.farmasi ITB.                                                                                            4.farmasi LIPI.                                                                                          Sekaligus mengundang MUI.                                                                     menjelaskan tentang enzim  babi yang dewasa ini rame diberdebatkan. Hasil dari TIM ini yag di motori PBNU memutuskan enzim tersebut adalah suci dan halal.                                                                                                               Dengan penjelasan bahwa dalam pembuatan vaksin itu hanya yang luarnya saja yang terbuat memekai keturunan-keturunan bakteri babi dan itu bukan langsung. Dan yang ada di dalam enzim tersebut bahannya suci ,tidak seperti apa yang dikatakan Arab Saudi. Kalau yang dari itali,belgia itu memang penelitiannya HARAM tapi kalau dari afrika atau lainnya itu suci.karena dalamnya dan luarnya hanya bersinggungan saja jadi tidak campur.                                                                                                                                    Sebagai contoh Anak keturuna orang kafir yang makan babi apakah dia harus di sucikan denga cara najis MUGHOLLADLOH? Kan tidak khan itu misalnya.

Kamis, 02 Agustus 2012

HIKAYAT NUZULUL QUR;AN

Nuzulul Qur'an (Koran decline) is a very special thing for Muslims. As the Qur'an is a great blessing for this Ummah, the Qur'an nuzulul also a huge blessing for this Ummah.

The majority of Indonesian Muslims in the Koran believes nuzulul falls on 17th of Ramadan. Even many who held a special event to commemorate the Koran nuzulul annually.

In the Qur'an, Allah hath spoken nuzulul Qur'an in the following three paragraphs:


شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان

(Some days are determined it is) the month of Ramadan, the month in which reduced (beginning) of the Qur'an as a guidance for mankind and the explanations of the clues and differentiator (between right and falsehood). (Surat al-Baqara: 185)
فيها يفرق كل أمر حكيم

Verily We have it down on a blessed night and We it is Who gives a warning. (Surat Ad-Dukhan: 4)
إنا أنزلناه في ليلة القدر

Verily We have it down (the Qur'an) on the night of glory (Laylat al-Qadr) (Surat Al-Qadr: 1)

As QS. Al-Baqarah verse 185 above, some verses of the Qur'an is a parrot (qualifier) for some other verses. There is no contradiction between the verses of the Qur'an.
أفلا يتدبرون القرآن ولو كان من عند غير الله لوجدوا فيه اختلافا كثيرا

Do they not consider the Qur'an? If it seems that the Quran is not from Allah, they would have found therein much contradictions. (Surat An-Nisa ': 82)

Similarly, the three verses (Surah Al-Baqarah: 185, QS. Ad-Dukhan: 4, and QS. Al-Qadr: 1) explaining the Qur'an nuzulul above. All three are not contradictory. However, contrary to paragraph dzahir historical reality, in which the Qur'an was revealed to Prophet for 23 years. In this case the scholars are divided into two main schools, and two other schools as follows:

First of Koran schools Nuzulul
The first schools of this is the opinion of Ibn Abbas and a number of clerics, which then became views jumhur scholars'. That is nuzulul Qur'an in verse 3 is the decline of Al-Quran as well as to the Baitul Izzah in the sky world. This is to show how great his angels this problem. Then, the Qur'an descended gradually over 23 years. 10 years old when the period of Meccan sura, and 13 years in the period Madaniyah.

Evidence used to strengthen these schools are:

1. Words of Ibn Abbas:
"Al-Qur'an down all at once into the sky world on Laylat al-Qadr. Then he was sent down for twenty years" (Narrated by al-Hakim, Bayhaqi, and Nasai). Then Ibn Abbas read His Word:
ولا يأتونك بمثل إلا جئناك بالحق وأحسن تفسيرا

It is not unbelievers come to you (bring) something odd, but We bring thee a right and the best explanation (Surat al-Furqan: 33)
وقرآنا فرقناه لتقرأه على الناس على مكث ونزلناه تنزيلا

And the Koran had been revealed to us gradually in order that you read it slowly to humans and we lowered it section by section. (Surat al-Isra ': 106)

2. Words of Ibn Abbas:
"Al-Qur'an was separated from Adz-Dzkir, then placed in the Baitul Izzah in the sky world, then started down to Gabriel Prophet" (Narrated by al-Hakim)

3. Words of Ibn Abbas:
"God of the Qur'an down all at once into the sky world, the center of Al-Qur'an decrease gradually. Then God down to His Messenger, piece by piece" (Narrated by al-Hakim and Bayhaqi)

4. Words of Ibn Abbas:
"Al-Qur'an descended on the Laylat al-Qadr in the month of Ramadan to the sky world as well, then he lowered gradually" (Narrated by Thabrani)

Both of the Koran schools Nuzulul

Schools are both about nuzulul Quran narrated by Amr bin Ash-Sya'bi Syarahil, (a big Tabi'in, experts of hadith and fiqh, the teacher of Imam Abu Hanifah, who died in 109 H) that is meant by nuzulul Qur ' in three of the above verse is the beginning of the decline of Al-Quran began on Laylat al-Qadr in the month of Ramadan. Then fell gradually over 23 years.

Thus, there is only one kind of the way down according to these schools, which is gradually to the Messenger of Allah as stated in the paragraph:
وقرآنا فرقناه لتقرأه على الناس على مكث ونزلناه تنزيلا

And Al-Quran was sent down with a gradual in order that you read it slowly to humans and we lowered it section by section. (Surat al-Isra ': 106)

Polytheists who were told that the book down at once celestial earlier, want al-qur'an also down at once.

وقال الذين كفروا لولا نزل عليه القرآن جملة واحدة كذلك لنثبت به فؤادك ورتلناه ترتيلا * ولا يأتونك بمثل إلا جئناك بالحق وأحسن تفسيرا

Said those who disbelieve: "Why did not the Qur'an revealed to him very down right?"; So that We may strengthen your heart with her and we read it in Tartil (regularly and correctly). It is not unbelievers come to you (bring) something odd, but We bring thee a right and the best explanation. (Surat al-Furqan: 32-33)

According to Shaykh Al-Qaththan Manna, both schools of Ash-Sya'bi narrated, with the proposition saheeh and this is acceptable, does not conflict with the schools first. Furthermore, Shaykh Al-Manna said Qaththan strong opinions is the Qur'an descended twice: first, reduced at once to the Baitul Izzah on Laylat al-Qadr, and second, the world descended from heaven to earth gradually over 23 years.

It was narrated from Ibn Abbas, he was once asked by Athiyah ibn Aswad: "In my heart there are doubts about the word of God 'was the month of Ramadan in which descended the Qur'an', and the word of God 'we are down on Laylat al-Qadr'. Whereas Al -Qur 'an was revealed in the months of Shawwal, dzulqa'dah, Dhu al-Hijjah, Muharram, Shafar, and Rabi-Beginning. " Ibn Abbas replied: "Al-Qur'an descended on Laylat al-Qadr once. Then lowered gradually, little by little and fragmented and slowly throughout the month and day"

Third on the Koran schools Nuzulul
That is the opinion of Al-Qur'an revealed to the world at 23 the night sky glory (Laylat al-Qadr), which is on every night there was the glory of God destined for reduced every year. Of the total for the whole year is then reduced gradually to the Apostles throughout the year. This results partly mufassir ijtihad. This argument has no argument.

Fourth of Koran schools Nuzulul
Namely the notion that the Qur'an revealed first gradually Lauh Mahfudz, as He says:
بل هو قرآن مجيد * في لوح محفوظ

Even those who denied it was a noble Qur'an, the (stored) in Lauh Mahfuzh. (Surat Al-Burooj: 22)

Then to the Baitul Izzah simultaneously, then go down little by little in 23 years. Thus according to these schools of the Qur'an revealed in three stages.

According to Shaykh Al-Qaththan Manna, this opinion was not contrary to the two principal schools, because the prior written down to the Baitul Izzah, the Qur'an is stored in Lawh Mahfudz as QS. Al-Burooj paragraph 22 above.

First Date of the Qur'an was revealed to Prophet

Al-Qur'an was first revealed to the Prophet is the letter of Al-'Alaq (Iqra ') in the famous cave Hira. Regarding the date, the scholars have a lot of opinions from each other there is also a berselish far. Some said the months of Rajab and others say the month of Ramadan. But the truth is the month of Ramadan as QS. Al-Baqarah verse 185.

From the opinion of this Ramadan, divided again into several opinions. Some say the date of 7, part of the opinion dated 17, and there is also an opinion dated 18. Shaykh Al-Mubarakfury Syafiyurrahman after doing research, said in Rahiqul Makhtum that the first revelation of the fall on Monday, August 10, 610 AD, coinciding with the month of Ramadan. In the month of Ramadan, the day falls on Monday 7, 14, and 21. By basing the argument that the Qur'an was first revealed on Laylat al-Qadr, and there on the night of Laylat al-Qadr odd last ten days of Ramadan, Al-Mubarakfury Syafiyurrahman conclude that the Qur'an was first revealed to the Messenger of Allah on Ramadan 21 date.

Thus an explanation of the Quran Nuzulul according to various schools, may be useful. Bish shawab Wallaahu knows best. [Joint Da'wah, Source: مابحث في علوم القران work of Shaykh al-Qaththan Manna, رحيق المختوم works of Shaykh al-Mubarakfury Syafiyurrahman, Tafsir Ibn Kathir and Tafsir Fi Zhilalil Quran]

NUZULUL QUR'AN

Waktu Lailatul Qadar



Para ulama antaranya Syeikh Dr Yusof Al-qaradawi menyebut bahawa tarikh malam lailatul qadar sengaja di sembunyikan oleh Allah SWT agar umat manusia berusaha bersungguh-sungguh bagi mencarinya, bagaimanapun ada disebutkan terdapat tanda-tanda akan kemunculan malam yang terhebat ini. 

Iaitu seperti hari esoknya yang tidak terlampau panas dan tidak pula sejuk, matahari pula tidak memancarkan sinarannya dan pelbagai lagi. Ia semuanya berasal dari hadith-hadith yang sohih. 

Bagaimanapun tanda-tanda ini tidaklah begitu penting bagi individu yang benar-benar telah beribadat sepanjang malam. Ia juga tidak banyak memberikan manfaat kerana malam tersebut sudah terlepas sekiranya tanda itu dikenalpasti esoknya.

Malah, tanda ini juga adalah amat sukar menjadi tepat kerana suasana dan cuaca sesebuah Negara adalah berlainan. Di Negara barat contohnya mungkin sentiasa mendung kerana berada dalam musim sejuk, musim bunga manakala di Afrika pula mungkin sedang mengalami keterikan. Adakah malam al-qadar tidak muncul di tempat mereka kerana setiap siang adalah terik?. 

Jawabnya, tanda-tanda ini hanyalah contoh yang berlaku di zaman Nabi SAW dan tidak lebih dari itu. 

Menurut pandangan yang paling kuat di kalangan para ulama, ianya berlaku pada sepuluh malam yang terakhir, iaitu pada malam-malam ganjil.
Hadith Nabi menyebut:- 

التمسوها في العشر الأواخر من رمضان
Ertinya : " Carilah ia (malam al-qadar) di sepuluh malam terakhir dari bulan ramadhan" (Riwayat Bukhari dan Muslim) 

Bagaimanapun, kita sekali lagi mungkin kebingungan pada tahun-tahun tertentu Jika negara Arab memulakan puasa pada tarikh yang berbeza dengan negara-negara di Nusantara. Justeru, pada malam ganjil menurut kiraan Malaysia atau Saudi ?. Hal ini sukar diputuskan oleh para Ulama. Sudahnya, mereka menyarankan agar dihidupkan seluruh malam sahaja. Jawapan termudah tetapi tidak memuaskan hati tentunya. Wallahu alam